RSS

Cara Mengenali Pembohong



Hasil studi mengungkapkan bahwa selama 10 menit, seseorang mengatakan kebohongan dua atau tiga kali dan 60% pernah berbohong setidaknya sekali dalam sehari. Tapi bagaimana jadinya kalau pacar kamu sering bohong ke kamu untuk kepentingan pribadinya dia. Mau tahu bagaimana cara mengenali pembohong. Rabbit punya tanda-tandanya. So, let’s check out !

1. Kerjapan mata.

Saat seseorang berbohong frekuensi kerjapan matanya cenderung meningkat. Amati dia kalau sedang bercerita. Tapi jangan sampai...
kelihatan banget tengah menghitung ya.

2. Rahasia mata.
Pepatah bilang, pembohong tak bakal berani menatap mata lawan bicaranya secara langsung. Karena dari sinaran mata, orang bisa tahu apakah dia ngomong jujur atau bohong. Kadang kala begitu. Tapi penelitian membuktikan pembohong jutru memberikan kontak mata yang lebih banyak ketimbang orang yang jujur. Jadi coba perhatikan, apakah dia yang biasanya menatap kamu saat bicara tiba-tiba berubah sikap jadi menunduk.

3. Terus terang sayang.
Orang yang sedang berbohong merasa perlu untuk menarik perhatian agar bisa dipercaya. Mereka akan menggunakan kata-kata yang cenderung menekankan kejujuran. Misalnya, “sejujurnya”, “terus terang”, dan “sesungguhnya”. Mereka juga senang memberikan kalimat meyakinkan lainnya seperti, “Aku gak bakal bohong sama kamu.” atau “Aku gak bohong. Sumpah deh.”

4. Tenang dan santai.
Kebanyakan orang mengira pembohong kelihatan gugup. Padahal orang yang terbiasa berbohong tahu bagaimana bertindak sewajar mungkin.

5. Ada apa di balik senyuman.
Senyuman pembohong berbeda dengan senyuman orang jujur. Senyuman jujur itu lebar dan cerah sehingga memperlihatkan kerutan di sekitar mata. Senyuman otentik ini bertahan kurang dari 5 detik. Senyuman palsu atau pembohong malah bertahan lebih dari 5 detik, tidak melibatkan mata, terkadang ada petunjuk berupa emosi negatif. Tinggal pinter-pinternya kamu aja membedakan.

6. Keukeuh.
Pembohong jagoan akan keukeuh pada bagian cerita yang mereka karang. Jika kamu curiga telah dibohongi, jangan terkecoh.

7. Detailnya menyimpang.
Pembohong akan menggiring kamu menelan semua kebohongannya dengan memberikan detail yang meyakinkan. Dia akan berusaha membuatmu tersesat dengan detail yang memusingkan sehingga kamu tak tahu apa yang dia bicarakan atau sebaliknya bosan dengan apa yang dia katakan. Jangan ragu untuk meminta konfirmasi jika ceritanya membingungkan atau kedengaran tidak masuk akal. Semakin kamu banyak tanya, maka dia akan semakin kerepotan menjawab dan yuip, ketahuan deh kalau dia lagi bohong !!!

8. Bukan aku, tapi kamu !
Kalau kamu memergoki seseorang berbohong, biasanya dia akan membalikkan pada kamu sendiri. Misalnya gini, beberapa hari ke depan kamu tahu dia lagi bohong lalu kamu ngomong ke dia. Dia akan ngeles, “Kamu pasti gila. Aku gak pernah ngomong gitu !”

9. Cepat-cepat mengalihkan pembicaraan.
Yap, biasanya pembohong akan cepat-cepat mengalihkan pembicaraan biar dia sendiri gak semakin kerepotan mengarang cerita. Perhatikan dengan seksama apakah pada saat kalian ngobrol dia langsung mengalihkan pembicaraan tanpa sebab jelas. Kalau perlu ungkit lagi cerita yang kamu yakin bahwa dia lagi bohong biar dia makin gugup menjawabnya.

NB :: Lalu apa yang harus dilakukan ketika kamu mencurigai dia terbiasa membohongi kamu ?? Agar lebih aman dalam suatu hubungan asmara, ngomong jujur ke dia bahwa biarpun kebenaran itu pahit dan menyakitkan, kamu ingin tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Bilang ke dia, sikap jujur dan terbuka itulah yang kamu inginkan. Hentikan kebiasaanya berbohong dengan menanggapi lewat cara langsung berhadapan dengannya dan ngomong terus terang dengannya


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS